MENGENALI SASARAN, ASAS, DAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN

Negara-negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat ditandai dengan tingginya jumlah wirausahawan. Artinya, semakin banyak jumlah wirausahawan, maka semakin maju suatu negara karena pembangunan didukung oleh wirausahawan yang handal dan selalu berinovasi.

Kewirausahaan menjadi potensi pembangunan yang cukup besar karena di sini dituntut untuk selalu mengkaji tentang pengembangan, semangat berkreatifitas, tidak berputus asa. dan berani menanggung resiko. Seorang wirausahawan akan menghargai suatu proses sehingga memiliki kesabaran dan ketekunan. Apabila seorang wirausahawan mengalami kegagalan, maka akan bangkit lagi dan menjadikan kegagalan sebagai pelajaran untuk meraih sukses.

Menurut Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarbrough (Thomas W Zimmere, 2005), "Wirausahawan adalah orang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara meng identifikasi peluang dan menggabungkan sumber daya yang diperlu kan untuk mendirikannya". Peter Drucker berkata bahwa wirausaha tidak mencari resiko, mereka mencari peluang (Alma, 2008).

Menurut Basrowi, kewirausahaan memiliki asas dan sasaran yang akan dicapai. Sasaran dan asas kewirausahaan adalah sebagai berikut.

1. Sasaran Kewirausahaan

  • Para generasi muda pada umumnya, anak-anak sekolah, anak-anak putus sekolah, dan para calon wirausaha.
  • Para pelaku ekonomi yang terdiri atas para pengusaha kecil dan koperasi.
  • Instansi pemerintah yang melakukan kegiatan usaha (BUMN), organisasi profesi, dan kelompok-kelompok masyarakat. (Basrowi, 2011)

2. Asas Kewirausahaan

  • Kemampuan untuk berkarya dalam kebersamaan berlan daskan etika bisnis yang sehat.
  • Kemauan usaha secara tekun, teliti, dan produktif.
  • Kemampuan memecahkan masalah dan mengambil kepu tusan secara sistematis termasuk keberanian mengambil resiko bisnis.
  • Kemampuan berkarya dengan semangat kemandirian. 
  • Kemampuan berfikir serta bertindak kreatif dan inovatif. (Basrowi, 2011)

Para wirausahawan sukses di beberapa negara pada umumnya memiliki karakteristik yang relatif sama. William D. Bygrave, seperti yang dikutip oleh Suparyanto (2013) mengemukakan sepuluh karakteristik kewirausahaan yang terangkum dalam The Ten-D Character of Enterpreneurship sebagai berikut:

  1. Dreams (mimpi), visi masa depan serta kemampuan untuk mengimplementasikan mimpi tersebut.
  2. Decisireness (ketegasan), tidak mengulur-ngulur waktu dalam mengambil keputusan dan kecepatan dianggap sebagai kunci kesuksesan.
  3. Doers (pelaku), menentukan suatu tindakan dan melakukannya secara cepat dan tepat. 
  4. Determination (ketetapan hati), mengimplementasikan usaha dengan komitmen total dan tidak menyerah saat mengalami kesulitan.
  5. Dedicatin (berdedikasi), memiliki dedikasi total terhadap usahanya. 
  6. Devotion (kesetiaan), mencintai usaha mereka sehingga efektif dalam menjual produk bagi kemajuan usahanya.
  7. Details (terperinci), bersifat kritis dan melakukan perincian dalam berbagai hal yang menyangkut usahanya.
  8. Destiny (nasib), bertanggung jawab atas dirinya dan tidak tergantung kepada orang lain.
  9. Dollars (uang), menjadikan uang sebagai salah satu ukuran kesuksesan. Jika sukses, maka akan mendapatkan uang yang banyak. 
  10. Distribute (distribusi), mendistribusikan atau mendelegasikan sebagaian dari tugas, wewenang, dan tanggungjwab kepada orang lain. (Suparyanto, 2013)
Baca juga: Kreatifnya Kerajinan Tangan dari Botol Bekas





Penulis : Nanda Afrita Veronica

NIM : 401180071


SUMBER :

Sayyidatu Khoiridah dkk. 2021. Persembahan Unitomo Untuk Negeri. Surabaya: Unitomo Press.


Komentar